Friday 14 August 2009

Melihat yang tak terlihat

Melihat yang tak terlihat

Sebenernya judul di atas ga’ terlalu ada hubungannya sama isi tulisan ini, tapi kerena aQ suka ya udah Q tulis aja,, he2 kalo Q Tanya apa fungsi mata? Hampir semua dari kita akan menjawab: untuk melihat. Yah,, emang bener sih,, tai apa Cuma itu? Selain untuk melihat mata juga mempunyai fungsi turunan, seperti mengintip, melirik, mengerling, melotot, dsb.. ha2 tapi itu mah Cuma nama lainnya aja,, yang Q maksud adalah memperhatikan. Kalau melihat berarti menyadari keberadaannya, maka memperhatikan berarti menyadari maksud keberadaannya.

Melihat dan memperhatikan, mungkin sepasang kata ini bias disebandingkan artinya dengan istilah to scry it –melihat¬- dan to scry on it –melihat melaluinya-. Melihat melalui sesuatu berarti melihat apa yang ada di belakangnya, melihat sesuatu dibalik sesuatu, melihat udang di balik batu,, ha x)

Ada banyak hal di sekitar kita yang terlalu layak untuk hanya sekedar dilihati. Kalau kau hanya sekedar melihat segala sesuatu, kau tidak akan mendapat apa-apa. Cobalah untuk melihat melaluinya, melihat apa yang yang bias kau dapatdari keberadaannya. Tak ada sesuatu yang tercipta tanpa sengaja, apapun itu pasti ada tujuannya.

Setiap kejadian mempunyai arti
Setiap hal memiliki sisi
Setiap arti mempunyai maksud
Setiap sisi memiliki sudut


Tinggal bagaimana kau mengartikan sesuatu hal dan kejadian dari sudut yang benar.
Tak perlu menjadi cerdas untuk mengetahui berbagai hal. Cukup memperhatikan dan sedikit berfikir, maka kau akan memahami adanya perbedaan antara to scry it dan to scry on it.
(diterbitkan dalam mading eksternal KSE edisi desember 2008)

No comments: