Friday 14 August 2009

Puzzle KSE

Puzzle KSE
Sadar ga’ sih kalo selama ini KSE sering banget pake puzzle?? Kalo yang sering berhubungan atau berinteraksi atau ikut kegiatannya KSE, pasti sadar. Ga’ di diklat,, di Inagurasi MaBa, di P4T plus, pematerian KKN, pasti ada puzzlenya. Ga’ bosen buu’??
Jah,, jangan salah!! Puzzle tuh punya makna tersendiri lowh..
Diibaratkan KSE adalah sebuah puzzle, sedang anggotanya adalah kepingan-kepingan puzzle itu sendiri. Maknanya..
1. Setiap kepingan puzzle berbeda-beda. Beda bentuk, beda corak, beda bentuk, beda motif. Sama halnya dengan tiap-tiap orang. Ga’ ada orang yang sama bahkan kembar siam sekalipun. Semua pasti mempunyai sisi yang berbeda dengan yang lain, yang menjadi cirri khasnya. Nahh,, disinilah kita mencoba untuk nyatuin perbedaan-perbedaan itu menjadi sesuatu yang lebih indah, yang lebih punya arti. Saling selaras, ga’ tabrak-tabrakan, menjadi satu harmoni… (hoho)
2. Setiap kepingan punya tempatnya sendiri-sendiri. Setiap kepingan harus bias menempatkan dirinya dengan baik ssuai dengan kemampuan. Ga’ boleh yang namanya ngambil tempat seenaknya, karena kalo kaya gitu aka nada kepingan yang terganggu dan puzzle tidak akan pernah selesai dan utuh. Tetapi tetap saja semua kepinan berharga. Dimanapun kepingan itu terletak, ditengah, di sudut, ataupun di tepi, tetap saja dia dibutuhkan.
3. Setiap kepingan ga’ bias dipisahin, ga’ bias hidup sendiri. Coba,, apa artinya sekeping potongan puzzle yang tergeletak sendirian tanpa kepingan yang lain? Dia bukan Cuma dibutuhin, tapi juga membutuhkan yang lain. Bias dikatakan kalo tiap kepingan puzzle juga merupakan mahluk social. Yang untuk menemukan jati dirinya –beuhh^^- harus bias berinteraksi dengan yang lain. Jadinya,, untuk mencapai bentuk puzzle yang utuh, tiap kepingan harus selalu bekerja bareng!
4. Seperti yang telah disinggung sebelumnya,, setiap kepingan puzzle PENTING!! Terserah dia mau berbentuk apa, berwarna gimana, di posisi mana, ia tetap dibutuhkan. Puzzle ga’ bakal utuh bahkan meski Cuma satu keping yang hilang..
Nah kan,, ga’ salah toh kalo KSE sering banget pake puzzle,, Karena ternyata puzzle punya falsafah yang bagus juga! hehe..

(diterbitkan dalam mading KSE edisi desember 2008)

No comments: