Friday 14 August 2009

KELOMPOK STUDI ENTOMOLOGI FAKULTAS BIOLOGI UGM

Kelompok Studi Entomologi (KSE) merupakan suatu wadah kegiatan terpadu antara pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam hubungannya dengan studi serangga.

Serangga merupakan klasis dari filum Arthropoda. Dikenal sebagai klasis dengan jumlah anggota terbanyak dalam dunia hewan karena mencakup 72 persen dari seluruh hewan yang ada di bumi. Sebanyak 800.000 spesies telah diidentifikasi, dan masih banyak yang belum ditemukan. Klasis ini terdistribusi di seluruh bagian dunia, baik darat maupun air, dengan varietas terbanyak ditemukan di daerah tropis. Dua faktor yang membuat serangga menjadi makhluk dengan jumlah paling dominan di bumi adalah daur hidup yang pendek dan tingkat reproduksi yang tinggi. Kedua faktor ini menimbulkan tingkat adaptibilitas yang tinggi untuk segala macam perubahan kondisi alam melalui proses mutasi antar generasi.

KSE didirikan oleh sekelompok mahasiswa Biologi UGM yang tertarik pada serangga tanggal 25 Agustus 1998, dengan visi dan misi sebagai berikut :

1.Meningkatkan skill di bidang entomologi dan disiplin ilmu yang terkait.

2.Memberi pengabdian kepada masyarakat di bidang entomologi dan hal-hal yang terkait dengan serangga.

Elemen organisasi KSE terdiri atas dewan penasehat, dewan pertimbangan organisasi, pengurus, anggota biasa dan anggota luar biasa. Anggota biasa terdiri atas anggota junior dan senior sedangkan anggota senior merupakan anggota junior yang telah mengikuti diklat pemantapan. Struktur kepengurusan KSE periode 2009 adalah sebagai berikut :

Ketua : Lila Imami

Sekretaris : Immaculata Ayu Siwi

KSK : Rinatu Siswi

Bendahara : Maria Asih Ristianti

Dana Usaha : Shafitri Rizka R.

Kadiv. Penelitian : Angga Putra K.

Kadiv. PSDM : Nur Indah Septriani

Kadiv. Pubjar : Muhammad Imam F.

Kegiatan yang telah dilakukan & mengarah pada penelitian serta pengabdian pada masyarakat antara lain : inventarisasi serangga di gumuk pasir Parangkusumo, pelatihan budidaya lebah madu, identifikasi serangga penggerek batang mangga di Gedangsari GK, kunjungan ke B2P2VRP Salatiga, studi banding ke HMJHPT Pertanian UGM, KENSU (Kompetisi Entomologi dan Seminar Umum), inventarisasi serangga di Lembah UGM, pematerian serangga ke siswa-siswa SD-SMU, dll.

Selain itu ada beberapa prestasi yang telah diraih oleh anggota KSE sampai saat ini yaitu : Juara 3 LKIP PIMNAS 2001, Rekruitment anggota tim Penelitian Pengembangan Ulat Sutera Liar (Attacus atlas) tahun 2002-2003, dan Penerima Medco Award II dalam Kontes Inovasi Bisnis IV Progressio tahun 2004, Finalis PKMI 2006.

No comments: